TPNPB-OPM KODAP XIII PANIAI KEGEPA NIPOUDA MELAPORKAN BAHWA TELAH TERJADI PERISTIWA PENEMBAKAN DI DISTRIK BIBIDA PANIAI OLEH KELOMPOK BINAAN TNI DAN POLRI.

TPNPB-OPM KODAP XIII PANIAI KEGEPA NIPOUDA MELAPORKAN BAHWA TELAH TERJADI PERISTIWA PENEMBAKAN DI DISTRIK BIBIDA PANIAI OLEH KELOMPOK BINAAN TNI DAN POLRI.

TPNPB-OPM News Per 1 Mei 2024. Siaran Pers Komando Markas Pusat Komando Nasional TPNPB-OPM ini disiarkan secara langsung oleh Sebby Sambom Juru Bicara Komando Markas Pusat Komando Nasional TPNPB-OPM.

Pimpinan Komando Markas Pusat Komando Nasional TPNPB-OPM telah menerima laporan langsung dari Brigadir Jenderal Matius Gobai, Panglima Daerah TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda bahwa telah terjadi skenario penembakan yang dilakukan oleh kelompok militer binaan TNI dan Polri di Distrik Bibida Paniai pada 1 Mei 2024.

Brigadir Jenderal Matius Gobai melaporkan bahwa Peristiwa Penembakan itu setelah ditelusuri telah diketahui bahwa kelompok militer binaan TNI dan Polri yang selama ini selalu bekerjasama dengan TNI dan Polri itu sendiri yang melakukan penembakan dengan tujuan untuk menjebak militer murni TPNPB-OPM yang ada di Wilayah Paniai dalam skenario mereka.

Panglima Daerah TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda juga melaporkan kronologis kejadian adalah sebagai berikut:

  1. Peristiwa Penembakan Skenario Intelijen antara Tim Gabungan TNI Polri dan Militer Binaan TNI dan Polri di Distrik Bibida terjadi pada hari Rabu 1 Mei 2024, Pukul 12.25 WPB.
  2. Tim Gabungan TNI dan Polri melakukan Patroli dari Kota Enarotali menuju Distrik Bibida. Dalam perjalanan Patroli Tim Gabungan TNI dan Polri melakukan Patroli sampai di Kampung Ugidimi Distrik Bibida dan dari Kampung Ugidimi Tim Gabungan TNI dan Polri hendak kembali ke Enarotali melewati Kampung Bibida.
  3. Ketika Tim Gabungan TNI dan Polri tiba di Piyaibosiga Bibida, perbatasan antara Distrik Bibida dan Distrik Paniai Timur ada seseorang yang tidak diketahui mengeluarkan tembakan satu kali ke arah Mobil Patroli Tim Gabungan TNI dan Polri yang sedang melakukan Patroli tersebut. Maka Tim Gabungan TNI dan Polri mengeluarkan tembakan balasan kepada arah tembakan tersebut dan kontak tembak terjadi dalam beberapa menit kemudian Tim Gabungan TNI dan Polri meninggalkan kampung Piyaibosiga Bibida menuju Kota Enarotali. Dalam kontak tembak ini tidak ada korban jiwa.
  4. Setelah Tim Gabungan TNI dan Polri tersebut kembali ke Enarotali Paniai dan dari Enarotali Tim Gabungan TNI dan Polri menggunakan beberapa Mobil dan Truk menuju Distrik Bibida Paniai tempat kejadian Penembakan tetapi Tim Gabungan tidak sampai di tempat kejadian dan Tim Gabungan TNI dan Polri tersebut kembali dari Tuwakotu Kampung Odiyai ke Enarotali Paniai dan situasi kembali normal.
  5. Setelah ditelusuri kedalam atas kejadian tersebut maka TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda telah memastikan bahwa Kontak Tembak yang terjadi tersebut dilakukan oleh militer Binaan TNI dan Polri bukan dilakukan oleh TPNPB-OPM Komando Nasional.
  6. Dengan Peristiwa ini banyak warga sipil di Distrik Bibida ada yang mengungsi ke hutan dan juga ada yang mengungsi di Gereja Katolik St. Petrus Bibida.

Brigadir Jenderal Matius Gobai, Panglima Daerah TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda menegaskan dan menyampaikan kepada semua pihak yang ada di Paniai maupun yang ada dimana saja bahwa:

(1). TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda menyatakan bahwa Penembakan yang dilakukan di Distrik Bibida Paniai pada 1 Mei 2024 adalah Murni dilakukan oleh Sekelompok Masyarakat Papua Binaan TNI dan Polri di Wilayah Paniai.

(2). Peristiwa Penembakan yang terjadi di Distrik Bibida adalah Skenario Penembakan yang dilakukan oleh Tim Gabungan TNI Polri bersama Kelompok Masyarakat Papua Militer Binaan dari TNI dan Polri dengan tujuan untuk mencari kepercayaan rakyat Papua di Wilayah Paniai.

(2). Kami mengumumkan kepada semua orang Asli Papua untuk berhati-hati menanggapi semua situasi yang terjadi di Paniai secara khusus karena TNI dan Polri sedang melakukan Operasi Intelijen menggunakan orang Asli Papua itu sendiri yang sudah dibina dan dilatih.

(3). Kami menyampaikan kepada semua pihak untuk diketahui bahwa Wilayah Paniai adalah Wilayah Perang TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda dan TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda Siap Berperang melawan penjajah kolonial Indonesia di teritori Paniai.

Dalam Laporannya Brigadir Jenderal Matius Gobai menyatakan bahwa paska Penembakan Danramil Aradide Paniai oleh pasukan TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda beberapa waktu lalu maka Wilayah Paniai berada dalam Situasi Darurat Militer Indonesia dan untuk menanggapinya TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda berada dalam siaga satu menyambut serangan balasan TNI dan Polri di Wilayah Paniai.

Demikian Siaran Pers Komando Markas Pusat Komando Nasional TPNPB-OPM ini disiarkan secara langsung dan disampaikan kepada semua pihak untuk diketahui bersama dan dapat digunakan untuk kepentingan media Nasional dan Internasional. Atas kerjasamanya diucapkan banyak terima kasih.

Penyangung Jawab Komando Markas Pusat Komando Nasional TPNPB-OPM

Jenderal Goliath Tabuni
Panglima Tinggi TPNPB-OPM

Letnan Jenderal Melkisedek Awom
Wakil Panglima TPNPB-OPM

Mayor Jenderal Terianus Satto
Kepala Staf Umum TPNPB-OPM

Mayor Jenderal Lekagak Telenggen
Komandan Operasi Umum TPNPB-OPM

==========================
Penyangung Jawab TPNPB-OPM Komando Daerah Pertahanan XIII Paniai Kegepa Nipouda

Brigadir Jenderal Matius Gobai
Panglima Daerah

Mayor Osea Satu Boma
Komandan Operasi


Keterangan Foto: Mayor Osea Satu Boma, Komandan Operasi TPNPB-OPM KODAP XIII Paniai Kegepa Nipouda saat menyampaikan Pernyataan Sikap atas Penembakan Danramil Aradide beberapa waktu lalu.

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai